News Library

Library Class Sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Pengembangan Literasi Informasi

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Surabaya, 30 April 2025 – Perpustakaan Universitas Airlangga kembali menyelenggarakan kegiatan Library Class sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan literasi informasi sivitas akademika. Pada Rabu, 30 April 2025, kegiatan ini menjadi bagian dari perkuliahan Metodologi Penelitian di Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga.

Kelas ini diselenggarakan secara luring di ruang kuliah dan diikuti oleh mahasiswa Prodi Fisika semester enam. Dosen pengampu mata kuliah, Prof. Retna Apsari, turut hadir dan memberikan pengantar singkat sebelum sesi dimulai. Materi Library Class kali ini difokuskan pada tiga topik utama, yaitu: Online Research Management, Systematic Literature Review (SLR), dan Reference Manager: Mendeley.

Sebagai narasumber utama, Indah Rachma Cahyani, S.IIP., M.A. dan Khirul Falah, S.IIP., pustakawan dari Perpustakaan UNAIR, memberikan penjelasan mendalam mengenai teknik dan strategi dalam mengelola riset secara daring. Mereka juga membimbing mahasiswa untuk memahami langkah-langkah dalam melakukan Systematic Literature Review, mulai dari perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur, hingga penyusunan sintesis.

Selain itu, peserta juga mendapatkan pelatihan praktis penggunaan Mendeley sebagai alat manajemen referensi, mulai dari instalasi, pengelolaan sitasi, hingga integrasi dengan Microsoft Word untuk keperluan penulisan ilmiah.

Kegiatan ini berlangsung interaktif, dengan antusiasme mahasiswa yang tinggi dalam mengikuti setiap sesi. Banyak peserta yang aktif bertanya mengenai cara optimal memanfaatkan database ilmiah dan teknik sitasi yang benar. Dengan adanya Library Class ini, diharapkan mahasiswa semakin siap dalam menyusun tugas akhir atau penelitian ilmiah yang berbasis pada literatur yang valid dan terkelola secara sistematis.

Perpustakaan UNAIR berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan akademik melalui program literasi informasi yang aplikatif dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa.