News Library

Sharing Informasi Pengelolaan dan Pengolahan Perpustakaan Sekolah Paud/TK Binaan Perpustakaan UNAIR

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

UNAIR LIBRARY NEWS – Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan sejak usia dini, sejumlah pengelola perpustakaan di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) mengikuti pelatihan manajemen perpustakaan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga. Pelatihan yang berlangsung pada hari Kamis, 28 November 2024, bertempat di ruang Acarya 2 Perpustakaan UNAIR Kampus B. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru TK dalam mengelola perpustakaan dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan ini diikuti oleh pengajar dari TK Binaan Perpustakaan UNAIR yang terdiri dari TK Varuna, TK Islam Nabawi, TK Handayani dan Paud Anak Ceria UNAIR.

Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan UNAIR, Ibu Suhernik, Sos., M.Si menyampaikan bahwa perpustakaan di TK tidak hanya sebagai tempat untuk membaca, tetapi juga sebagai ruang pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas dan minat baca anak sejak dini. Selain itu, pengelolaan bahan pustaka yang tepat sangat diperlukan untuk memastikan anak-anak mendapatkan buku dan materi yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Pelatihan ini diharapkan dapat mempersiapkan para pengelola perpustakaan untuk mengelola koleksi bahan pustaka dengan baik, serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kreativitas dan minat baca anak.

Selama pelatihan, para peserta diberikan materi manajemen perencanaan sekolah, kegiatan inovatif perpustakaan sekolah dan pengelolaan perpustakaan, termasuk teknik pemilihan buku, pengatalogan, klasifikasi, pemberian nomor induk. Harapan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi ajang kolaborasi baik serta pengetahuan dalam mengelola koleksi perpustakaan sekolah.

Di akhir pelatihan, para peserta diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan di masing-masing TK. Dengan adanya pengelolaan yang baik dan bahan pustaka yang relevan, diharapkan perpustakaan TK dapat menjadi tempat yang menyenangkan, edukatif, dan mendorong perkembangan literasi anak sejak dini. Pelatihan ini merupakan langkah strategis dalam mewujudkan perpustakaan TK yang lebih modern dan berkualitas, serta memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan anak usia dini.