News Library

Sistem Komunikasi Anak Dengan Hambatan Pendengaran

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Judul: Sistem Komunikasi Anak Dengan Hambatan Pendengaran

Nama pengarang: Dewi Ratih Rapisa, M.Pd

Tahun Terbit: 2021

Jumlah halaman: 164

Penerbit buku: Deepublish

ISBN: 978-623-02-3284-8

Peresensi : Akhmad Fikri Hakim (Mahasiswa Magang)

Bahasa ibu dikuasai anak mendengar apabila terdapat dua kondisi terpenuhi, yaitu akses terhadap bahasa dalam jumlah yang besar dan kata pertama yang diucapkan anak mama.Anak dengan hambatan pendengaran mampu melakukan akses terhadap sejumlah besar bahasa jika hambatan pendengarannya berada pada taraf ringan dan sedang, dibantu oleh alat bantu dengar, masukan bahasa yang diperoleh anak adalah lengkap (misalnya menggunakan kalimat singkat dan sederhana tetapi lengkap dari segi tata bahasa). Permasalahan utama anak dengan hambatan pendengaran bukan pada ketidakmampuannya dalam berkomunikasi melainkan ketidakmampuan untuk memahami lambang dan aturan bahasa.

Sistem komunikasi bagi anak dengan hambatan pendengaran tidak terbatas pada manual (bahasa isyarat) karena seiring berjalannya waktu muncul metode lain yang bertujuan untuk mengembangkan dan memudahkan anak dengan hambatan pendengaran melakukan interaksi dan komunikasi lewat lingkungan. Buku ini menyediakan berbagai metode/sistem komunikasi yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai calon pendidik untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan komunikasi pada anak dengan hambatan pendengaran.

Kelebihan

Auditori verbal terapi (AVT) merupakan terapi bagi anak yang berhambatan pendengaranya, agar dapat tumbuh dalam lingkungan belajar yang teratur memungkinkan anak untuk mandiri berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Belajar melalui mendengarkan mendengarkan suaranya sendiri serta orang lain selama percakapan alami.

Kekurangan

Pelaksanaan AVT ini memerlukan beberapa syarat karena implementasinya menentukan anak agar mampu mendengarkan intensitaf. Ada beberapa syarat dalam pelaksanaan AVT tersebut:

  1. Harus di pakai sepanjang hari kecuali saat mandi dan tidur
  2. Pastikan ABD yg di pakai sesuai dengan kemampuan anak

Memberikan simulasi kepada anak dengan bahasa sepanjang anak terjaga