Ailis For Education

LAYANAN PEMINJAMAN

Repository

REPOSITORY

Ailis For Education

LAYANAN PEMINJAMAN

Repository

REPOSITORY

Research and Publication Support

JURNAL KLINIK

Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga

Frequently Asked Questions.

Jam buka Perpustakaan Universitas Airlangga

– Hari Senin s/d Jumat  : Pukul 07.30 – 22.00 WIB

– Hari Sabtu                    : Pukul 08.00 – 16.00 WIB

PEMESANAN BUKU :

  1. Login  http://ailis.lib.unair.ac.id/opac/  dengan akun cyber campus
  2. Cari buku yang akan dipinjam di Online Catalog  AILIS
  3. Apabila sudah menemukan buku yang akan dipinjam pilih (klik) tombol PESAN BUKU
  4. Mahasiswa semester 1-4 dapat meminjam maks 15 buku, mahasiswa semester 5 keatas dan S2, S3 serta dosen dapat meminjam maksimal 20 buku
  5. Tunggu notifikasi melalui WA dari petugas bahwa buku telah tersedia (ready) untuk diambil dan melakukan koordinasi untuk pengambilan/pengiriman bukunya.
  6. Cara mendapatkan buku, antara lain:
    •  Diambil sendiri ke Perpustakaan Sesuai lokasi buku sesuai jam buka layanan dengan membawa KTM
    • Untuk yang luar kota Surabaya bisa menggunakan jasa pengiriman (jasa pengiriman bisa melalui ekspedisi semacam JNE,dll atau juga

   melalui Go-Send Grab-Xpress) dengan ketentuan:

    • Melakukan pembayaran ongkir terlebih dahulu apabila pengiriman melalui ekspedisi
    • Bila menggunakan jasa kurir pengiriman (Go-Send/Grab-Xpress), pemesanan dilakukan sendiri setelah berkoordinasi dengan petugas melalui WA
  1. Wajib mengikuti protokol kesehatan

PERPANJANGAN BUKU :

  1. Perpanjangan buku dapat dilakukan melalui AILIS di alamat http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan/site/login.
  2. Batas maksimal perpanjangan buku
  • Koleksi Umum : 2x perpanjangan
  • Koleksi Khusus, Referensi, Satria Airlangga Corner (SAC), Nation Building Corner (NBC) : TIDAK DAPAT diperpanjang
  1. Pastikan perpanjangan buku dilakukan sebelum jatuh tempo. Lewat jatuh tempo buku tidak dapat diperpanjang secara online.
  2. Denda keterlambatan
  • Koleksi Umum : Rp.1000,-/hari (Masa lockdown Perpustakaan menerapkan pemutihan denda khusus di tanggal 23 Juni s/d 2 Juli 2021).
  • Koleksi Khusus, Referensi, Satria Airlangga Corner (SAC), Nation Building Corner (NBC) : Rp10.000/hari
  • PENGEMBALIAN BUKU:
  1. Pengembalian buku dapat dilakukan di Perpustakaan kampus A, B atau C
  2. Buku dapat dikembalikan melalui ekspedisi seperti Pos, Tiki, JNE dll, atau melalui layanan jasa kurir pengiriman online (Go-Send/ Grab-Express).
    Tujukan ke alamat:
    Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B:
    Bagian Sirkulasi Perpustakaan UNAIR Kampus B
    Jl. Dharmawangsa Dalam Surabaya No Telp 0315030826

Sertakan nomor WA yang aktif dan fotokopi KTM, bila ada denda nanti akan dihubungi staf perpustakaan bagian sirkulasi.

Permasalahan / pertanyaan hub Wa Perpustakaan : 082231517409
Email : layanan@localhost

Video Tutorial Proses Peminjaman buku via AILIS: Video Peminjaman Ailis

Perpustakaan Unair membuka beberapa layanan online diantaranya:

Akses Repository:

Dalam website repository ini berisi karya ilmiah civitas akademika UNAIR tahun 2020 kebawah. Secara online civitas akademika dan masyarakat umum dapat membaca bagian abstrak dan beberapa judul yang bab 1 disetujui untuk di-open access. Sedangkan untuk mengakses/membaca fulltext-nya hanya dapat dilakukan di komputer yang tersedia di Ruang Repository baik di Perpustakaan Kampus A, B atau C karena tidak ada pendaftaran akun untuk akses website ini.

*Catatan:

    • Untuk skripsi tahun 2007 kebawah sudah dapat diakses fulltext PDFnya tanpa harus login.
    • Sementara ini hanya Fakultas Keperawatan UNAIR yang mengijinkan untuk open accessdibuka secara fulltext.
  • Akses website http://ir.unair.ac.id/opac/

Website http://ir.unair.ac.id memuat karya ilmiah civitas akademika UNAIR tahun 2021 keatas.

Civitas akademika dapat mengakses karya ilmiah dalam bentuk flipbook dalam website ini melalui beberapa cara, diantaranya:

    1. Akses melalui komputer yang tersedia di Ruang Repository Perpustakaan Kampus A, B dan C.
    2. Akses melalui device masing-masing dengan menggunakan wifi kampus jika berada di lingkungan kampus
    3. Akses dengan mengaktifkan Open VPN jika berada diluar jaringan kampus. Klik Instal Open VPNuntuk info lebih lengkap.

Semua akses ini dilakukan dengan login menggunakan akun cyber campus masing-masing.

Jenis Library Class meliputi :

  • Library101
  • Google for Research
  • Research Mapping
  • Online Research Management
  • Reference Manager
  • Literature Review
  • Avoiding Plagiarism
  • Styling & Formating : MS.Word
  • Desain Graphic with Canva

 Cara mengikuti:

I. Library Class Reguler

  1. Diadakan setiap bulan
  2. Informasi jadwal library class reguler dapat disimak di website www.lib.unair.ac.id dan media sosial Perpustakaan Instagram & Twitter @unairlibrary dan Facebook UNAIR Library
  3. Registrasi dilakukan melalui akun AILIS http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan/site/login => menu “Library Class”

II. Library Class by Request

1. Minimal peserta 10 orang
2. Pilih waktu di Hari Senin s/d Jumat diantara Pukul 09.00-14.00 WIB
3. Cantumkan nama perwakilan yang bisa dihubungi
4. Harap menghubungi seminggu sebelum kegiatan dilakukan
5. Hubungi Staf Bagian Latbang by WA (081320077434)

Untuk akses e-resources dari luar jaringan kampus dapat melalui akses VPN

Civitas akademika dapat melakukan unggah karya secara individu yang berupa tugas akhir/skripsi/thesis/disertasi ke Aplikasi AILIS untuk mendapatkan surat keterangan penyerahan repository dan bebas pinjam perpustakaan.

Sebelum upload, mohon dipastikan file karya ilmiah sudah benar-benar final dan tidak ada kekurangan didalamnya (ttd dosen pembimbing harus lengkap, halaman bermaterai harus lengkap dg ttd penulis, layout harus rapi dan isi karya lengkap)

Civitas akademika dapat memilih menu upload sebagai berikut:

  1. Civitas akademika dari jalur profesi yang terdiri dari Profesi Pendidikan Dokter, Profesi Pendidikan Bidan, Profesi Pendidikan Dokter Gigi, Profesi Apoteker, Profesi Pendidikaan Dokter Hewan, dan Profesi Ners S1)  silahkan memilih menu Bebas Pustaka Profesi dengan upload surat bebas pustaka atau surat tanda terima penyerahan karya akhir saat S1.
  2. Sedangkan civitas akademika dari fakultas dan program studi yang lain silahkan memilih menu Upload Karya Ilmiah dengan upload karya akhir yang sudah final
  • Dokumen karya ilmiah yang telah diupload di website Ailis for education akan diverifikasi sesuai urutan di Ailis, maksimal 2×24 jam di hari dan jam kerja*.

    Civitas akademika bisa melakukan pengecekan secara berkala progresnya di menu upload. Jika sudah diverifikasi oleh petugas, pengiriman link download 2 surat yaitu surat keterangan penyerahan karya ilmiah dan surat bebas pinjam akan dikirimkan dalam waktu yang berbeda.

    *hari kerja : Senin – Jumat ;  jam kerja: 08.00 – 16.00 WIB

Hi! Sivitas Akademika UNAIR🙋🏻‍♀🙋🏻‍♂
Saat ini pangkalan data OSIRIS tersedia dalam 35 akun, yang bisa digunakan TANPA Registrasi😍
Silahkan mengunjungi laman baru OSIRIS untuk memenuhi kebutuhan Informasi anda
🖱https://osiris.bvdinfo.com/ip
More information silahkan menghubungi divisi Pelatihan dan Pengembangan Perpustakaan UNAIR
📱WA: 081320077434
Terima Kasih, Salam Sehat! UNAIR library: Keep Reading, Keep Writing!

Lokasi Perpustakaan

Instagram

Partnership