resensi sukma 1

Buku karangan Elok Widayanti ini merupakan buku bacaan bagi ibu-ibu yang merencanakan ataupun sedang menjalani masa laktasi bagi buah hatinya. Buku ini terdiri dari 5 (lima) Bab sebagai berikut:

Bab 1: Pengertian dan Manfaat ASI

Bab 2: Masalah ASI dan Solusinya

Bab 3: Tanaman-tanaman Pelancar ASI

Bab 4: Penelitian-penelitian tentang ASI

Bab 5: Cara Penggunaan Tanaman Pelancar ASI

Bab 1 dalam buku ini memberikan uraian mengenai tahapan dimana masa perkembangan anak usia 0-3 tahun merupakan masa kritis atau biasa dikenal dengan golden age atau golden moment. Masa ini juga dipandang sebagai periode ”all or nothing”, sebuah periode dimana anak dapat berkembang sesuai dengan potensinya atau tidak sama sekali. Adapun dua faktor penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam perkembangan anak pada periode emas ini yaitu faktor nutrisi dan stimulasi. Nutrisi yang dimaksudkan disini adalah pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama pada bayi. Banyak sekali keunggulan dan manfaat yang dapat diperoleh bagi Ibu dan Bayi dari pemberian ASI ini, meliputi Aspek Gizi, Aspek Imunologik, Aspek Psikologik, Aspek Kecerdasan, Aspek Ekonomis, serta Aspek Penundaan Kehamilan. Kandungan gizi dalam ASI sendiri meliputi Kolostrum, Taurin, DHA dan AA yang tidak lain diperlukan untuk ketahanan tubuh serta pembentukan sel-sel otak secara optimal.

Pada bab 2 terdapat pembahasan mengenai masalah ASI dan solusinya berisi uraian mengenai beberapa masalah yang seringkali dihadapi oleh para Ibu-ibu ketika menyusui bayinya. Seperti nyeri pada puting, aliran ASI yang terhambat, payudara bengkak, mastitis, maupun produksi ASI yang kurang. Semua permasalahan tersebut diuraikan lengkap dengan solusi-solusi yang bisa dilakukan ketika menghadapi permasalahan yang sama.

Pada Bab 3 dalam buku ini kita ditunjukkan gambar tanaman-tanaman apa saja yang berguna untuk memperlancar produksi ASI, lengkap dengan deskripsi tanaman, persebarannya, kandungan kimia dalam tanaman, serta kandungan manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman-tanaman tersebut. Beberapa tanaman yang dimaksud adalah: bayam merah, bangun-bangun, daun katuk, daun singkong, kacang hijau, kelor, pare, dan pepaya.

Di bab 4 buku ini membahas beberapa penelitian-penelitian terkait dengan ASI. Cakupan penelitian yang tertulis berupa judul penelitian, penulis, dan uraian singkat mengenai penelitian atau abstrak dari penelitian.  Sedangkan bab 5 bagian akhir dari buku ini kita akan disuguhkan beberapa resep masakan yang bergizi dan tentunya berguna sebagai pelancar ASI. Beberapa resep masakan yang ditulis adalah sebagai berikut: Sup Bayam Merah, Bayam Merah Telur Gulung, Sambel Goreng Daun Katuk dan Hati Ayam, Bobor Katuk Podomoro, Sayur Bening Katuk Jagung Manis, Oseng Daun Singkong Teri, dll.

Kenapa buku ini sangat menarik untuk dibaca? Dikarenakan buku ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu, dari segi informasi yang disampaikan sangat jelas, bahasa yang digunakan juga mudah untuk dipahami, serta dilengkapi dengan gambar-gambar yang berwarna sehingga pembaca benar-benar paham tidak hanya membayangkan saja seperti apa tanaman yang dimaksud. Kekurangan dalam buku ini terdapat pada beberapa penelitian di bab 4, dimana rangkuman penelitian yang diberikan masih kurang sempurna, tidak semua penelitian diuraikan secara lengkap.

Buku ini bisa kalian dapatkan di Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B di ruang Koleksi Khusus 1 lantai 2. Bagi civitas akademika yang berminat untuk meminjam bisa dilakukan secara overnight.

Selamat membaca! J

Hits 638