Peminjaman Koresano Tidak Dapat Diperpanjang

 20220627 124544Unair Library News - Ada istilah baru yang hadir di Perpustakaan UNAIR, yaitu Koresano. Ya, Koresano merupakan istilah singkatan untuk Koleksi Khusus, Koleksi Referensi, Koleksi Satria Airlangga Corner, dan Nation Building Corner. Kebijakan Kepala Perpustakaan UNAIR, ibu Suhernik, S.Sos.,M.Si terkait peminjaman Koresano yang sebelumnya hanya dapat dipinjam secara overnight, sejak era pandemi dapat di pinjam secara reguler. Peminjaman Koresano harus dilakukan melalui petugas layanan sirkulasi untuk diproses dalam sistem peminjaman AILIS for education., dalam jangka waktu peminjaman selama dua minggu.

Berbeda dengan koleksi umum, Koresano tidak dapat diperpanjang secara online. Sehingga apabila pemustaka masih membutuhkan koleksi tersebut, dapat diproses pengembalian terlebih dahulu melalui petugas layanan sirkulasi. Hal lain yang membedakan koleksi umum dangan Koresano adalah Koresano tidak dapat dipesan secara online melalui OPAC, sehingga pemustaka harus mengambil buku yang akan dipinjam langsung ke lokasi koleksi.

Karena jumlah Koresano masih terbatas maka untuk judul buku yang akan dipinjam dibatasi, yaitu maksimal dua judul buku. Hal ini juga yang menjadi dasar untuk penetapan nominal denda untuk Koresano sebesar Rp10.000 per buku untuk satu hari keterlambatan. Oleh karena itu, petugas senantiasa mengingatkan secara lisan kepada pemustaka yang meminjam Koresano untuk dikembalikan secara tepat waktu untuk menghindari denda. Walaupun  secara sistem sudah ada laporan ke Whatsapp masing-masing pemustaka dalam setiap transaksi sirkulasi. 

Banyak pemustaka yang merasa senang atas kebijakan peminjaman Koresano selama dua minggu, ini berarti mereka memiliki kesempatan untuk memanfaatkan secara maksimal koleksi yang dibutuhkan. Dari yang sebelumnya hanya dapat dibaca ditempat, berubah menjadi koleksi yang dapat dipinjam selama dua minggu. Pemustaka bisa puas memanfaatkan koleksi dan Perpustakaan juga dapat menjalankan fungsi dengan baik sebagai pusat sumber informasi bagi civitas akademika UNAIR.

Hits 32