Workshop Inter Library Loan

WhatsApp Image 2022 09 13 at 15.08.13

Unair Library News - Menuju rencana untuk inter library loan (ILL) antara perpustakaan dengan ruang baca fakultas di lingkungan Universitas Airlangga, perpustakaan Universitas Airlangga mengadakan workshop. Workshop ini rencananya akan diadakan sebanyak tiga kali, workshop yang pertama diadakan pada 13 September 2022 di Ruang Parlinah Perpustakaan Kampus B.

Workshop ini mengundang pustakawan dan staf ruang baca fakultas untuk hadir, setiap ruang baca bisa mengirimkan lebih dari satu orang untuk mengikuti acara ini. Dibuka oleh Ibu Suhernik, S.Sos., M.Si selaku Kepala Perpustakaan UNAIR. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pendampingan ini dilakukan secara total dan dilakukan benar-benar dari awal. Untuk pustakawan bisa, workshop ini menjadi bahan untuk me-refresh wawasan dan pengetahuan bidang perpustakaan dan kepustakawan. Sedangkan bagi staf yang bukan lulusan ilmu perpustakaan dengan mengikuti workshop ini akan menjadi tahu dan memiliki wawasan dibidang perpustakaan.

Materi yang pertama adalah terkait "Materi Kebijakan Pengembangan, Pengolahan, dan Perawatan Bahan Pustaka" yang disampaikan oleh ibu Sugiati, S.Sos. Dalam pemaparan materinya, bu Sugik begitu biasanya beliau disapa memberikan informasi secara detail tentang metode hingga proses pengadaan bahan pustaka. Selain itu, dijelaskan pula tentang proses pengolahan hingga perawatan bahan pustaka.

Materi kedua adalah "Pengelolaan Bahan Pustaka Cetak (Buku dan Terbitan Berkala), Materi ini disampaikan oleh ibu Sukartini, S.Sos dengan dibantu oleh dua orang fasilitator yaitu ibu Turwulandari, S.Sos dan Fahimatun Nafisa S.Sos. Disini seluruh peserta diajak langsung untuk praktek mengolah buku yang dibawa oleh masing-masing peserta kedalam sistem AILIS for Education. Terakhir, sebagai materi penutup adalah penyampaian materi tentang "Pengelolaan Dokumen Usulan Dosen" yang disampaikan oleh ibu Indah Fatma Silvi, A.Md dan dibantu oleh seorang fasilitator yaitu Dwi Marina, A.Md.

Workshop berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 27 September, dan seluruh peserta yang hadir pada workshop pertama ini hadir kembali pada workshop yang kedua.

Hits 42