"Share Blood Share Life" : Kepedulian Sosial Melalui Donor Darah

donor darah 2023UNAIR LIBRAR NEWS - Donor darah merupakan agenda kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga (PUA) dalam rangka memperingati Dies Natalis ke - 68. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surabaya, acara diselenggarakan di ruang Wiyata Perpustakaan Kampus B Lantai 1 pada hari Selasa, 16 Mei 2023 mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Peserta donor darah tidak hanya dari mahasiswa, tetapi dari seluruh sivitas akademika Universitas Airlangga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Target kegiatan donor darah ini adalah 75 kantong, tetapi antusias dari para pendonor melebihi kuota yakni sebanyak 110 yang mendaftar. Dari total jumlah pendaftar tersebut ada yang tidak dapat mendonorkan darahnya dikarenakan Hb dan tensi yang rendah serta konsumsi obat dalam kurun waktu minimal 3 (tiga) hari dari masa donor darah.

Dalam kegiatan ini, para pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya mendapatkan satu paket bingkisan dari PMI yang terdiri dari vitamin, mie instans, susu UHT dan wafer, sedangkan dari perpustakaan kacang hijau dan telur untuk meningkatkan dan mengembalikan stamina setelah mendonorkan darah.

Tanggapan positif dari salah satu pendonor menyampaikan bahwa “kegiatan donor darah di perpustakaan sudah lama vakum sejak adanya pandemic, dan akhirnya saya bisa donor kembali disini” ujar siti fakultas fisip

Selain itu, staf perpustakaan juga memberikan tanggapan dari kegiatan donor darah yakni “ini pertama kalinya saya ikut donor darah, memang awalnya lemas tapi setelah minum vitamin dari PMI badan terasa lebih bugar. Harapannya setiap tahun diadakan lagi kegiatan donor darah dan semoga kuota pendonor ditambah lagi ya.” Wahyuni.   

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial untuk membantu sesama, bergerak membantu saudara yang membutuhkan. Share Blood Share Life.

Hits 56