Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

Unair Library Services

FAQ

  • Jam Buka Perpustakaan Universitas Airlangga di Masa New Normal ?

    Jam buka Perpustakaan Universitas Airlangga New Normal 

    - Hari Senin s/d Jumat : Pukul 07.30-18.00 WIB

    - Hari Sabtu : Pukul 08.00 - 16.00 WIB

     

  • Bagaimana proses peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku ?
    • PEMESANAN BUKU :

    1. Login  http://ailis.lib.unair.ac.id/opac/  dengan akun cyber campus

    2. Cari buku yang akan dipinjam di Catalog Online AILIS

    3. Apabila sudah menemukan buku yang akan dipinjam pilih (klik) tombol PESAN BUKU

    4. Mahasiswa semester 1-4 dapat meminjam maks 15 buku, mahasiswa semester 5 keatas dan S2, S3 serta dosen dapat meminjam maksimal 20 buku

    5. Tunggu notifikasi melalui WA dari petugas bahwa buku telah tersedia (ready) untuk diambil dan melakukan koordinasi untuk pengambilan/pengiriman bukunya.

    6. Cara mendapatkan buku, antara lain:

       > Diambil sendiri ke Perpustakaan Sesuai lokasi buku sesuai jam buka layanan dengan membawa KTM

       > Untuk yang luar kota Surabaya bisa menggunakan jasa pengiriman (jasa pengiriman bisa melalui ekspedisi semacam JNE,dll atau juga
           melalui Go-Send Grab-Xpress) dengan ketentuan:

            - Melakukan pembayaran ongkir terlebih dahulu apabila pengiriman melalui ekspedisi
            - Bila menggunakan jasa kurir pengiriman (Go-Send/Grab-Xpress), pemesanan dilakukan sendiri setelah berkoordinasi dengan petugas melalui WA

    7. Wajib mengikuti protokol kesehatan

     

    • PERPANJANGAN BUKU :

    1. Perpanjangan buku dapat dilakukan melalui AILIS di alamat http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan/site/login. (khusus masa pandemi perpanjangan dapat dilakukan secara berulang).

    2. Pastikan perpanjangan buku dilakukan sebelum jatuh tempo. Lewat jatuh tempo buku tidak dapat diperpanjang secara online.

    3. Denda keterlambatan buku Rp.1000,-/hari (Masa lockdown Perpustakaan menerapkan pemutihan denda khusus di tanggal 23 Juni s/d 2 Juli 2021).

     

    • PENGEMBALIAN BUKU:

    1. Pengembalian buku dapat dilakukan di Perpustakaan kampus A, B atau C

    2. Buku dapat dikembalikan melalui ekspedisi seperti Pos, Tiki, JNE dll, atau melalui layanan jasa kurir pengiriman online (Go-Send/ Grab-Express).

    Tujukan ke alamat:
    Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B:
    Bagian Sirkulasi Perpustakaan UNAIR Kampus B
    Jl. Dharmawangsa Dalam Surabaya No Telp 0315030826

    *Sertakan nomor WA yang aktif dan fotokopi KTM, bila ada denda nanti akan dihubungi staf perpustakaan bagian sirkulasi.


    Apabila terdapat denda buku maka dapat dilakukan transfer denda ke:
    - Bank Mandiri Virtual Account Nomor: 8966 8000 0000 0004 a.n. Universitas Airlangga
    - BNI Virtual Account Nomor: 9883 0303 0000 0219 a.n. Universitas Airlangga
    bukti transfer, mohon isi form dan unggah ke https://bit.ly/vaRektor


    Permasalahan / pertanyaan hub Wa Perpustakaan : 082231517409
    Email : layanan@lib.unair.ac.id 

    Video Tutorial Proses Peminjaman buku via AILIS: Video Peminjaman Ailis

    alurPeminjamanAilis

  • Bagaimana saya membayar denda bila buku saya kembalikan via kurir/ ekspedisi

    Denda dapat dibayarkan via transfer

    1. 1. Bank Mandiri Virtual Account Nomor: 8966-8000-0000-0004 a.n. Universitas Airlangga
    1. 2. BNI Virtual Account Nomor: 9883 0303 0000 0219 a.n. Universitas Airlangga

     Berikut ini adalah tata cara pembayarannya:

     Pembayaran melalui Mandiri ATM
     Pembayaran melalui Mandiri Online
     1. Masukkan kartu ATM dan PIN

    2. Pilih menu BAYAR/BELI

    3. Pilih menu PENDIDIKAN

    4. Masukkan kode Perusahaan / Institusi , yaitu “89668” (UNIVERSITAS AIRLANGGA)

    5. Masukkan No. VA, contoh: 8966-8000-0000-0004

    6. Masukkan Nominal

    7. KONFIRMASI: Tekan 1 kemudian tekan OK

    8. Transaksi Selesai

    9. Simpan Struk Pembayaran

     1. Buka aplikasi mandiri online di handphone atau PC

    2. Masukkan user id dan pin di halaman log in

    3. Pilih menu BAYAR --> BUAT PEMBAYARAN BARU

    4. Pilih menu PENDIDIKAN --> 89668 atau UNIVERSITAS AIRLANGGA

    5. Masukkan No. VA, contoh: 8966-8000-0000-0004

    6. Masukkan Nominal

    7. Tekan LANJUT

    8. Tekan KONFIRMASI

    9. Masukkan MPIN Banking kemudian tekan OK

    10. Transaksi Selesai

     

    Pembayaran melalui ATM BNI  Pembayaran melalui Mobile Banking BNI

    1. Masukkan kartu ATM dan PIN

    2. Pilih MENU LAIN

    3. Pilih menu TRANSFER

    4. Pilih menu DARI REKENING TABUNGAN

    5. Pilih menu KE REK. BANK BNI

    6. Masukkan KODE VA BANK BNI 9883 0303 0000 0219 an Universitas Airlangga

    7. Masukkan NOMINAL (sesuai tagihan)

    8. Muncul halaman konfirmasi, cek kembali data dan informasi

    9. KONFIRMASI TRANSFER ATM pilih TEKAN JIKA YA

    10. Transaksi Selesai

    11. Simpan Struk Pembayaran

    1. Buka aplikasi mobile banking BNI di handphone

    2. Masukkan user id dan pin di halaman log in

    3. Pilih menu TRANSFER --> KE REK. BANK BNI

    4. Pada bagian REKENING TUJUAN pilih INPUT BARU

    5. Pada bagian BANK TUJUAN pilih BNI

    6. Pada bagian REKENING TUJUAN masukkan No. VA 9883 0303 0000 0219 an Universitas Airlangga

    7. Pada bagian NOMINAL isi sesuai tagihan

    8. Tekan LANJUT

    9. Masukkan Password Transaksi kemudian tekan LANJUT

    10. Transaksi Selesai

     atau download tatacaranya disini

     bukti transfer, mohon isi form dan unggah ke https://bit.ly/vaRektor

    NB: INFORMASI SELANJUTNYA

    Email: layanan@lib.unair.ac.id

    WA PERPUS UNAIR 082231517409

  • Apa saja layanan online Perpustakaan Unair ?

    Perpustakaan Unair membuka beberapa layanan online diantaranya:
    - Pemesanan dan Perpanjangan Buku --> Aplikasi AILIS
    - Pemesanan Koleksi Repository -->https://bit.ly/pesanRepoUA 
    - Pemesanan e-Resources (artikel e-Journal dan e-Books) --> https://bit.ly/PenelusuranPUA 
    - Akses eResources (e-Journal & e-Books) --> https://www.lib.unair.ac.id/eResources
    - Unggah Mandiri Repository --> Aplikasi AILIS
    - Request Akses Database OSIRIS --> https://bit.ly/RequestOsiris

     

     
  • Bagaimana cara memesan file repository (Skripsi/Tesis/Disertasi/Tugas Akhir) ?
     
    Akses Repository:
     
    I. Akses Online
    1. Pemesanan file repository dengan mengisi form permintaan melalui https://bit.ly/pesanRepoUA
    2. File yang akan dikirimkan terbatas sampai bagian metodologi penelitian.
    3. Gratis bagi Siva Unair
    4. Non-Unair dikenakan biaya penelusuran sebesar Rp20.000 untuk 1 topik (Maksimal 2 judul repository) + Rp500,-/lembar.
    5. Pembayaran dilakukan melalui VA a.n Rektor, yaitu:

       - Mandiri : 8966 8000 0000 0377

       - Bni : 9883 0303 0000 0863

     6. Konfirmasi pembayaran di https://bit.ly/vaRektor
     
    II. Akses Langsung
    1. Membaca repository secara fulltext hanya dapat dilakukan di Perpustakaan Unair baik Kampus A, Kampus B (Ruang Repository) dan Kampus C di Ruang eLibrary  
    *Catatan:
    - Untuk skripsi tahun 2007 kebawah sudah dapat diakses fulltext PDFnya tanpa harus login.
    - Sementara ini hanya Fakultas Keperawatan UNAIR yang mengijinkan untuk open access dibuka secara fulltext.
  • Bagaimana cara mengikuti Library Class?

    Jenis Library Class meliputi :

    - Library101

    - Google for Research

    - Research Mapping

    - Online Research Management

    - Reference Manager

    - Literature Review

    - Avoiding Plagiarism

    - Styling & Formating : MS.Word

    - Desain Graphic with Canva

     

     Cara mengikuti:

    I. Library Class Reguler

    1. Diadakan setiap bulan

    2. Informasi jadwal library class reguler dapat disimak di website www.lib.unair.ac.id dan media sosial Perpustakaan Instagram & Twitter @unairlibrary dan Facebook UNAIR Library

    3. Registrasi dilakukan melalui akun AILIS http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan/site/login => menu "Library Class"

     

    2. Library Class by Request

    1. Minimal peserta 10 orang (kecuali #Library101 min 10 orang)
    2. Pilih waktu di Hari Senin s/d Jumat diantara Pukul 09.00-14.00 WIB
    3. Cantumkan nama perwakilan yang bisa dihubungi
    4. Harap menghubungi seminggu sebelum kegiatan dilakukan
    5. Hubungi Staf Bagian Latbang by WA (081320077434)

  • Bagaimana memanfaatkan layanan e-book, e-journal saat di rumah?

    Untuk akses e-resources dari luar jaringan kampus dapat melalui akses VPN

  • Bagaimana cara mendapatkan surat bebas perpustakaan?

    Untuk mendapatkan surat keterangan penyerahan IR dan bebas pinjam perpustakaan, Sivitas Akademika dapat melakukan Unggah secara individu karya akhir yang berupa Tugas Akhir/skripsi/thesis/disertasi ke Aplikasi AILIS dan ikuti alur dibawah ini:

  • Pembayaran dengan Layanan Virtual Account Rektor

    Pembayaran beberapa layanan di Perpustakaan UNAIR dilakukan secara online melalui Layanan Virtual Account (VA) atas nama Rektor Universitas Airlangga, diantaranya:

    1. 1. VA Biaya Penelusuran

              Mandiri : 8966 8000 0000 0377

              BNI : 9883 0303 0000 0863

     

    1. 2. VA Biaya Print

              Mandiri : 8966 8000 0000 0378

              BNI : 9883 0303 0000 0864

     

    1. 3. VA Biaya Fasilitas

              Mandiri : 8966 8000 0000 0379

              BNI : 9883 0303 0000 0865

     

    1. 4. Va Biaya Denda

              Mandiri : 8966 8000 0000 0004

              BNI : 9883 0303 0000 0219

     

     Konfirmasi pembayaran: https://bit.ly/vaRektor

     

Ailis for Education

android

- Profil Anggota

- Perpanjangan buku

- Daftar Pemesanan buku

- Status Koleksi

- Usulan Koleksi

- Histori Koleksi

- Alur Peminjaman Buku
- Registrasi Kunjungan

   

WOS1

Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga

website

Access eResources

Video Tutorial

 

  Peminjaman